Kandungan Kulit Manggis Sebagai Antioksidan

Kandungan Kulit Manggis Sebagai Antioksidan Paling Baik


Kandungan Kulit Manggis Sebagai Antioksidan sudah tidak diragukan lagi, seperti kita ketahui di dalam kulit manggis terkandung antioksidan super yang bernama xanthone. Xanthone merupakan sekelompok senyawa organik yang pertama kali berhasil dideteksi pada tahun 1855 oleh ilmuwan Jerman bernama Schmid W. Liebigs. Saat itu, efek xanthone bagi tubuh dan kesehatan manusia memang belum banyak ditelusuri. Akan tetapi, berbagai penelitian mengenai xanthone sejak awal abad ke-20 hingga sekarang telah memunculkan banyak pemahaman baru mengenai senyawa yang merupakan bagian dari golongan senyawa polifenol ini.

Sedangkan di kalangan masyarakat tradisional sendiri, buah Manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, borok, dengan kemampuan anti-peradangan atau anti-inflamasi yang dimilikinya.

Penelitian Mengenai Kandungan Kulit Manggis Sebagai Antioksidan


Menurut penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1970-an, kedua turunan senyawa xanthone tersebut bisa menghentikan proses peradangan atau inflamasi dengan jalan menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Berna menuturkan xanthone memiliki gugus hidroksida (OH) yang efektif mengikat radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merusak sel tubuh. Raffi mengatakan kulit manggis andal menetralisir radikal bebas. Lihatlah nilai oxygen radical absorbance capacity (ORAC) xanthone mencapai 17.000-20.000. Bandingkan dengan sumber antioksidan lain seperti anggur yang “hanya” 1.100; sedangkan apel (1.400).

Adapun Penjelasan Lainnya Mengenai Khasiat Kulit Manggis

Kulit buah Manggis (GraciniaMangostana L) berkhasiat dapat menyembuhkan segala penyakit. Senyawa merupakan Kandungan Kulit Manggis Xanthone yang manggis memiliki antiinflamasi dan antioksidan. Xanthone merupakan zat yang terbentuk dari hasil isolasi pada kulit manggis. Setiap mililiter ramuan kulit manggis mengandung senyawa Xanthone 123,97mg/ml. Sehingga jika digunakan untuk pengobatan diabetes angat baik dan tidak berbahaya. Kandungan antioksidan pada senyawa Xanthone mampu mencegah terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan dari reaksi oksidasi radikal bebas didalam darah sehingga degenerasi sel akan terhambat. Xanthone mampu menangkal terjadinya reaksi oksidasi terhadap radikal bebas. Jumlah antioksidan dalam kulit manggis yang diperoleh dari senyawa Xanthone sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Antoxidant mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan penelitian para dokter yang sudah memberikan jus kulit manggis pada pasien diabetes menunjukkan bahwa khasiatnya mampu menurunkan jumlah kadar gula dalam darah secara berkala.

Itulah penjelasan mengenai khasiat dan kandungan kulit manggis sebagai antioksidan super yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.


Kandungan Kulit Manggis Sebagai Antioksidan

0 Response to "Kandungan Kulit Manggis Sebagai Antioksidan"

Post a Comment